Minggu, 08 Februari 2015

Meditasi Senyum Untuk Kesehatan


Semua orang pasti bisa tersenyum dan pernah tersenyum, sebagai sebuah ekspresi perasaan dalam wujud ekspresi wajah. Senyum yang tulus dari lubuk hati adalah sebuah ekspresi kebahagiaan dan memiliki beribu arti. Namun arti utama dari beribu arti dari sebuah senyum adalah kebahagian dan kasih sayang. Namun ada juga istilah senyum sinis, yaitu senyuman yang hanya bersifat basa – basi dan mempunyai makna sebaliknya. Senyum sinis bukanlah senyuman yang dimaksud, sebab senyum sinis bukanlah senyuman yang berasal dari hati yang tulus. 

Apabila seorang tersenyum kepada kita dengan tulus, maka dalam hati kita pasti muncul perasaan senang dan bahagia. Walaupun itu hanya sebuah senyuman kecil, yang kalau kita uangkan mungkin tidak ada nilainya, namun sejatinya sebuah senyuman memiliki nilai yang jauh lebih besar dari pada uang ataupun barang. Perasaan dan tubuh kita merespon positif setiap senyuman yang diberikan orang lain kepada kita. Jadi secara tidak sadar, orang yang tersenyum pada orang lain sejatinya tengah membagikan kebahagian dan kasih sayang kepada orang lain.

Untuk tersenyum kita tidak memerlukan latihan khusus, sebab senyuman adalah kasih, dan kasih adalah sifat paling utama dari manusia, jadi semua orang pasti bisa tersenyum. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tersenyum, senyum sangat murah tapi bernilai sangat tinggi. Senyuman akan menjadi tidak bernilai ketika tidak kita berikan kepada orang lain.

Sekarang bagaimana jika kita berikan senyuman kita untuk roh atau atma yang bersemayam di dalam diri serta kepada organ – organ dan tubuh kita sendiri, guna mencapai kesehatan dan kebahagiaan. Sebuah senyuman yang tulus, ungkapan kasih sayang, kebahagiaan serta ungkapan syukur dan terima kasih kita  kepada badan dan Ia yang berstana dan bersemayam di dalamnya.

Dewasa ini muncul berbagai macam penyakit, baik menular ataupun tidak, yang barang tentu menimbulkan berbagai kekhawatiran bagi semua orang. Berbagai upaya dilakukan untuk menjadi sehat, berbagai ilmu kesehatan dikembangkan untuk mencari dan menemukan berbagai macam obat. Tapi semua itu berbiaya sangat mahal dan tidak semua orang mampu mendapatkanya. Demikian juga muncul berbagai tehnik pengobatan tradisional, dengan berbagai bentuk, baik semacam klinik pengobatan ataupun berbagai tehnik yang mengatasanamakan spiritual. Namun hal ini juga sering tidak murah, dan sering sekali tidak memberikan hasil atau manfaat yang diinginkan.

Penyakit timbul tentu ada penyebabnya, baik itu pola dan gaya hidup, pola makan, dan pola fikir manusia. Sebagai contoh pola atau gaya hidup yang hura – hura, merokok, minum – minuman keras, tentu akan berdampak pada timbulnya berbagai macam penyakit. Pola makan yang tidak teratur, berlebih, tidak seimbang, makan – makanan yang tidak bergizi dan hanya enak dimulut, juga penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Pola fikir yang senantiasa cemas, tak bersyukur, iri hati dan senatiasa dipenuhi amarah, adalah penyebab utama dari penyakit, sebab sakitnya badan kita timbul dari pikiran yang sakit.

Tuhan sejatinya telah memberikan kita berbagai jalan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dari badan ini. Tuhan menyediakan begitu banyak sumber alam, segala jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat kesehatan apabila diolah dengan benar. Namun untuk mengolah sember daya alam agar bermanfaat bagi manusia, memerlukan pengetahuan yang benar dan dalam. Jadi tidak semua orang akan mampu.

Salah satu jalan yang lain adalah melalui meditasi dan kontempalsi yang mendalam kedalam diri. Meditasi tidak hanya memberikan manfaat spiritual, namun juga manfaat jasmani, seperti manfaat kesehatan. Dan salah satu meditasi yang sangat baik untuk kesehatan adalah meditasi senyum, senyum yang tulus dari hati yang terdalam.

 Dalam meditasi senyum ini, kita memang benar – benar diaharapkan untuk tersenyum, menyunggingkan senyuman yang tulus dari hati kita yang terdalam kepada organ – organ tubuh kita, serta kepada Ia yang bersemayam di dalamnya. Dalam senyuman itu kita ekspresikan kasih, kebahagiaan serta puji syukur kita kepada badan dan sang roh di dalam diri. Lewat senyuman ini kita sampaikan betapa kita berterima kasih terhadap badan ini, yang telah membantu kita dalam kehidupan kita sebagai manusia. Lewat senyuman ini pula kita sampaikan terima kasih kita kepada Ia, Tuhan Yang Maha Esa yang bersemayam didalamnya, yang memberikan badan ini kehidupan dan senantiasa memberikan tuntunannya lewat suara hati yang terdalam.

Berikut ini adalah tehnik sederhana dari meditasi senyum untuk kesehatan, meditasi ini dapat dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, anak – anak, dewasa ataupun orang tua, sehat ataupun yang sedang dalam proses penyembuhan.
  1. Pertama duduklah diatas selembar kain ataupun bantalan untuk meditasi, duduklah dalam sikap meditasi, padmasana, siddhasana ataupun sikap duduk yang nyaman bagi tubuh kita.
  2. Bagi yang mempunyai kesulitan untuk duduk bersila, pergunakan kursi, dengan kedua telapak tangandiatas paha menghadap keatas.
  3. Bagi yang sedang terbaring sakit, silahkan lakukan dengan posisi berbaring dengan kedua tanganditumpangkan diatas perut.
  4. Duduklah dengan leher dan kepala tegak menghadap kedepan, rilek, tenang dan nyamankan tubuh,dan jangan memaksakan diri.
  5. Tariklah nafas perlahan dan kemudian hembuskan juga perlahan, lakukan beberapa kali sampai pikiran dan tubuh menjadi tenang, dan pikiran mulai dapat dikonsentrasikan.
  6. Berdoalah menurut keyakinan dan kepercayaan anda, mohon bimbingan dan perlindungan-Nya, semoga meditasi yang akan anda laksanakan memberikan manfaat yang anda inginkan. Jika beragama Hindu silahkan awali dengan pengucapan Omkaram dan Gayatri Mantra, jika anda Muslim awali dengan doa menurut agama Islam.
  7. Untuk beberapa saat konsentrasikan pikiran pada pernafasan, keluar masuknya nafas, setelah itu tersenyumlah pada nafas anda, ekspresikan kasih, kebahagiaan dan rasa syukur anda pada pernafasan anda, karena nafas atau prana adalah daya hidup tubuh anda yang utama.
  8.  Kemudian biarkan pernafasan seperti biasanya, normal, dan  konsentrasikan pikiran anda pada badan anda. Mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, bayangkan diri anda sendir, kemudian tersenyumlah pada diri anda dan pada sang Roh yang bersemayam didalamnya.
  9. Ketika anda mulai tersenyum pada diri anda, anda bisa mengkosentrasikan pikiran anda dimanapun diseluruh anggota tubuh anda, jika anda mengalami gangguan kesehatan pada perut, anda bisa mengkosentrasikan pikiran anda pada perut anda agak lebih lama, tersenyum pada area itu, dan sebarkan kasih, kebahagiaan dan puji syukur anda. Saat anda melakukan hal ini pada area tubuh anda itu akan memberikan respon positif, dan proses penyembuhan pun akan terjadi.
  10. Jika anda disiplin melaksanakanya, setiap pagi atau pun sore, selama minimal 30 menit sehari, kami yakin gangguan kesehatan baik fisik, mental ataupun gangguan gaib tidak akan mendekati anda.
  11.  Akhiri meditasi anda dengan doa, terima kasih, panjatkan rasa syukur anda, kemudian minumlah segelas air putih, dan lanjutkan kembali aktifitas harian anda. 
Demikianlah sekilas tentang meditasi senyum untuk kesehatan, tehnik ini sangat mudah untuk dipelajari dan tidak memerlukan biaya. Bisa dilakukan oleh orang yang beragama apapun, baik itu Hindu, Muslim, Kristen dan sebagainya. Yang diperlukan cuma satu yaitu ketulusan hati , ketekunan dan disiplin dalam melakukanya. Semua kekuatan dan daya penyembuhan diri sejatinya ada di dalam diri kita, tinggal bagaiamana kita untuk menyadari, membangkitan dan mempergunakanya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
..........................................................................................................................................

(Ganapatyananda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar