Kamis, 18 Juni 2015

Meditasi Langit Malam



Picture taken from Google
Menatap gelapnya langit malam dengan taburan cahaya bintang seakan membawa jiwa melayang terbang untuk menikmati luasnya alam semesta.

Menatap gelapnya langit malam yang ditaburi  cahaya bintang, seakan menggoda dan membuat kita semakin penasaran untuk  mengetahui segala  misteri yang ada di alam semesta ini.

Menatap suasana langit malam yang begitu tenang dengan taburan bintangnya yang begitu indah, mendamaikan, menenteramkan dan menyejukan hati.

Gelapnya langit malam seakan menyimpan berbagai misteri dan  rahasia yang tak terbatas yang belum bisa terpecahkan oleh manusia.

Dalam gelapnya langit malam seakan menyembunyikan ketenangan dan ketentraman yang selama ini kita cari

Sering kali ketika kita ingin mengistirahatkan badan dan pikiran kita dengan tidur di malam hari, namun yang terjadi adalah mata yang tak mau terpejam dan pikiran yang terus sibuk dengan berbagai persoalan yang sedang kita hadapi, dari masalah pekerjaan, keluarga dan sebagainya.Sehingga cenderung badan saja yang tertidur tapi pikiran terus aktif dan sibuk dalam berbagai mimpi, sehingga tidur menjadi tidak berkualitas.

Lalu bagaimana cara kita agar bisa mengatasinya dan memperoleh istirahat yang berkualitas saat tidur?

Meditasi Langit Malam adalah sebuah  tehnik meditasi yang menjadikan saat tidur di malam hari sebagai sebuah kegiatan meditasi. Tehnik meditasi ini akan memberikan dan membawa ketenangan, ketentraman dan keindahan serta pengalaman rohani melintasi dan menembus angkasa raya dan mencapai keheningan-Nya. Tehnik meditasi ini akan menjadikan tidur menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat bagi fisik dan juga bagi pikiran

Tehnik meditasi ini sebenarnya saya temukan dan praktekan secara tidak sengaja, namun ternyata mampu memberikan banyak manfaat serta pengalaman tidur yang luar biasa. Sehingga saya  merasa tehnik ini layak untuk dibagi kepada rekan - rekan yang tertarik. Tehnik meditasi ini sangat cocok untuk mereka yang mengalami masalah dan gangguan tidur. Gangguan tidur itu bisa berupa susah tidur, tidur tidak tenang, dihantui mimpi buruk ataupun sering merasa tidak nyaman saat bangun pagi. Meditasi ini juga sangat cocok dan sesuai dengan mereka yang terlalu sibuk dalam pekerjaanya hingga tidak punya waktu khusus untuk melakukan meditasi. 

Tehnik ini sangat sederhana namun efektif untuk membantu menyembuhkan dan mengatasi gangguan tidur, karena tehnik ini memang khusus dilakukan saat malam hari saat menuju peraduan dan tidur. Jadi tidak perlu waktu khusus untuk melakukannya, karena dilakukan sambil berbaring tidur dan siapapun pasti ada waktu untuk beristirahat ketika malam tiba. Tehnik ini juga sangat mudah dilakukan karena pikiran akan lebih mudah untuk dikendalikan dan diajak berkonsentrasi saat malam tiba. Setelah lelah beraktifitas di siang hari, saat malam ketika menjelang tidur, liarnya pikiran yang diumpamakan sebagai seekor kera yang melompat ke sana kemari akan menjadi lebih jinak dan terkendali. Bagaikan seorang anak kecil yang akhirnya kelelahan setelah berlari kesana kemari, maka ia pun kembali kepangkuan ibunya dan diam tertidur, demikianpun pikiran akan lebih mudah diam saat malam tiba. Berikut ini adalah langkah - langkah pelaksanaan tehnik meditasi Langit Malam.

  1. Saat malam tiba ketika akan pergi tidur, cucilah kaki, tangan, muka dan gosok gigi
  2. Matikan lampu dan berbaringlah seperti biasa dan mulailah pejamkan mata
  3. Saat mata terpejam, maka otomatis yang ada hanya kegelapan, dan memang kegelapan ini yang kita cari dan butuhkan sebagai awal memasuki tehnik meditasi langit malam
  4. Dengan mata yang terpejam sepenuhnya, buanglah segala pikiran lain dan mulailah berusaha untuk melihat atau membayangkan bahwa gelap yang anda lihat adalah gelapnya langit malam
  5. Kemudian dalam gelapnya langit malam tersebut, cobalah melihat dan membayangkan taburan dan kerlap kerlip cahaya bintang.
  6. Ketika pikiran anda mantap dalam mengimajinasikan langit malam yang ditaburi indahnya cahaya bintang , maka bawalah pandangan semakin luas, ke angkasa raya yang tak terbatas. Lihatlah dan rasakan di sekeliling anda dengan pikiran anda betapa luasnya dan indahnya angkasa raya.
  7. Rasakanlah ketika anda semakin terserap kedalam luasnya angkasa raya diantara cahaya bintang. Semakin dalam pikiran anda terserap maka semakin luas anda akan melihat angkasa raya 
  8. Nikmatilah keindahan angkasa raya dan biarkan pikiran menelusuri langit semesta serta keindahan dan ketenangannya.
  9. Dalam fase ini  sangat mungkin anda akan merasakan sensasi terbang dan melayang di angkasa raya, nikmatilah dan jangan takut. 
  10. Anda akan mulai merasakan bahwa hanya ada anda di dalam luasnya angkasa raya, perlahan anda akan merasa masuk keadalam sebuah keheningan dalam luasnya langit angkasa raya.
  11. Nikmati dan telusuri keindahan dan ketenangan di angkasa raya, namun secara perlahan bimbinglah pikiran anda untuk diam dan fokus atau berkonsentrasi ke sebuah titik cahaya bintang di dalam pikiran anda.
  12. Berkonsentrasi dan bermeditasilah pada cahaya bintang tersebut sampai anda lupa sedang melakukan meditasi. Sebab sejatinya selama anda sadar anda sedang bermeditasi, anda tidak sedang bermeditasi tapi hanya sekadar sedang memejamkan mata
  13. Ketika anda lupa, anda pun jatuh tertidur, tapi tidur ini bukanlah sebuah kegagalan dalam meditasi, tidur ini adalah tidur yang begitu dalam tanpa mimpi, tanpa gangguan dari berbagai bayangan dalam pikiran. 
  14. Pelaksanaan meditasi ini tidak akan memakan waktu lebih dari 30 menit, dari awal sampai anda jatuh tertidur.
  15. Keesokan harinya anda akan terbangun dengan pikiran  dan badan yang penuh energi positif dan anda akan menyadari bahwasanya tidur yang anda lakukan semalam sangat jauh berbeda dengan tidur malam anda biasanya. Sehingga anda akan mampu mengawali hari anda dengan jasmani dan rohani yang dipenuhi energi positif.
Dengan tehnik ini, seseorang akan menjadi sangat mudah untuk tertidur, mengistirahatkan fisik dan pikirannya. Terkadang seseorang tidur hanya fisiknya yang beristirahat tetapi pikirannya tetap disibukan oleh berbagai mimpi, sehingga walaupun sudah tidur dalam waktu yang cukup tetapi ketika bangun rasa lelah seakan belum lenyap. Dengan meditasi langit malam ini seseorang tidak memerlukan waktu yang lama untuk tidur, untuk dapat mengembalikan kesegaran tubuhnya. Jika biasanya anda merasa cukup tidur jikalau sudah tidur selama 6 sampai 8 jam, dengan tehnik meditasi langit malam ini, tidur setengah dari waktu tersebutpun sudah cukup. Bagaikan me-refresh sebuah komputer, cukup klik kanan kemudian klik refresh, sangat sederhana tapi mempunyai pengaruh dan manfaat yang besar.

Demikianlah sekilas uraian dan tehnik dari meditasi langit malam, tehnik ini sangat sederhana tapi saya yakin akan memberikan manfaat yang luar biasa, terutama dalam mengatasi masalah dan gangguan tidur dan menjadikan tidur lebih berkualitas. Tidur dan istirahat yang berkualitas memberikan dan berdampak kepada kesehatan tubuh yang prima. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Om Shantih.
.........................................................

(Ganapatyananda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar