Sabtu, 21 Maret 2015

Nyepi - Amati

Nyepi - sepi - hening, hari yang sangat baik bagi kita untuk meng-AMATI diri sendiri alias introspeksi diri. Kata amati dalam bahasa Indonesia bersinonim dengan kata perhatikan atau lihatlah. Ada empat hal yang harus kita amati saat Nyepi, saat sepi atau saat hening.
  1. Amati atau perhatikanlah api(geni) yang ada dalam diri, api ini adalah simbol sifat dan emosi diri. Mengamati sifat dan emosi ini adalah sebuah proses introspeksi dan penilaian terhadap diri sendiri.Amati dan lakukan introspeksi terhadap sifat - sifat kita, baik atau buruk, terhadap emosi atau terutama bagaimana kita mengendalikan amarah, untuk nantinya kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, terutama dalam mengendalikan emosi dan amarah.
  2. Amati atau perhatikanlah apa yang telah kita perbuat atau kerjakan(karya) selama setahun ini. Apakah perbuatan - perbuatan yang kita kerjakan telah mampu memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri maupun orang banyak ataukah sebaliknya. Saatnya introspeksi terhadap segala perbuatan dan apa yang telah kita kerjakan.
  3. Amati atau perhatikanlah sejauh manakah kita telah berjalan dalam perjalanan(lelungan) spiritual kita. Apakah kita sudah berjalan di rel spiritual yang benar, apakah kita sudah berjalan maju atau malah sebaliknya, mundur.
  4. Amati atau perhatikanlah, kesenangan(lelanguan) atau kebahagiaan apa yang kita kejar dalam hidup ini. Apakah kesenangan duniawi yang sementara atau kebahagiaan rohani yang langgeng.
Introspeksi diri adalah sebuah dialog dalam diam, dalam hening, dalam sepi antara Ia dan anda, antara anda dan hati anda. Semua pertanyaan  akan memperoleh jawaban dan jawaban itu adalah nilai anda oleh diri anda sendiri. namun kita harus jujur dalam mengakuinya. Jika memang jawabanya atau hasilnya nilainya buruk, saatnya kita berbenah, berubah dan berbuat yang lebih baik. Jika jawaban dan nilainya sudah cukup menurut anda, pertahankan dan terus tingkatkan lagi. Sehingga pelaksanaan Nyepi ini betul - betul menjadi sebuah introspeksi diri yang mendalam guna peningkatan diri pribadi, baik mental dan spiritual.

Sehingga Nyepi dan pelaksanaan Catur Brata Penyepiannya yaitu Amati Geni yaitu tidak menyalakan api, Amati Karya yaitu tidak bekerja, Amati Lelungan yaitu tidak berpergian dan Amati Lelanguan yaitu tidak menikmati kesenangan atau hiburan, tidak hanya menjadi sekadar ritual semata, tanpa pemahaman makna yang yang lebih mendalam.

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937
Semoga semua mahkluk berbahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar