Jumat, 06 Maret 2015

Ayo Menulis Dan Berbagi Pengetahuan



Salah satu karakter baik yang dimiliki seseorang adalah suka berbagi dengan orang lain. Namun seseorang tak akan bisa berbagi atas apa yang tidak ia miliki. Jika seseorang ingin berbagi materi atau uang, tentu ia haruslah orang yang setidaknya punya uang atau materi, jika tidak bagaimana mungkin ia dapat berbagi dalam bentuk uang dan materi tersebut. Namun berbagi tidak hanya sekadar materi atau uang, ada banyak hal lain yang masih dapat kita bagikan kepada banyak orang dan mungkin akan lebih bermanfaat dari sekadar materi dan uang.


Sreyan dravya mayad yajnaj jnana yajnah parantapa
Sarwam karmakilam partha jnane parisamapyate
BG.IV.33

Wahai penakluk musuh, korban suci yang dilakukan  dalam bentuk pengetahuan lebih baik daripada hanya mengorbankan harta benda material. Wahai putra Partha, bagaimanapun segala bentuk korban suci yang terdiri dari pekerjaan akhirnya memuncak dalam pengetahuan.

Tidak semua orang hidup berkecukupan dan berkelimpahan harta dan materi. Tidak semua orang mampu dan punya materi yang dapat mereka bagikan bagi orang lain, meskipun mereka ingin untuk melakukannya. Tapi ada satu hal yang pasti semua orang miliki dan pasti bisa dibagikan kepada banyak orang. Hal yang pasti semua orang miliki adalah pengalaman hidup, suka duka dan hikmah yang diperoleh darinya. Setiap kejadian dalam hidup seseorang, baik atau buruk, pasti memberikan sebuah pembelajaran. Karena sejatinya hidup dan kehidupan adalah sebuah pembelajaran. Dan mereka yang senantiasa belajar dari hidup dan kehidupan akan memperoleh kebijaksanaan dan pengetahuan. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, kerena memang tidak semua hal bisa dipelajari hanya dari membaca buku atau dari sekolah. Pengalaman hidup adalah pengetahuan dan harta yang utama, yang tidak dapat dinilai dengan uang dan materi.

Untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki agar bisa bermanfaat bagi banyak orang, tentu pengalaman tersebut harus diceritakan dan diajarkan kepada orang lain. Jikalau sekadar hanya diceritakan dari mulut kemulut, mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui dan mendapat manfaatnya. Namun apabila pengalaman hidup dan pengetahuan tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan, buku dan dipublikasikan pasti akan bisa diketahui dan bisa bermanfaat bagi banyak orang yang membacanya.

Oleh karena itu ayo mulai menulis, tuangkan dan bagikan pengalaman hidup dan pengetahuan anda. Mari tuangkan pengalaman - pengalaman dalam hidup serta hikmah yang tersembunyi didalamnya, yang mungkin juga akan berguna bagi orang lain di kemudian hari. Mari tuliskan pengetahuan yang anda miliki yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah"
(Pramoedya Ananta Toer)

Sebuah tulisan akan dibaca dan bertahan dalam banyak generasi. Sebuah tulisan yang baik akan memberikan manfaat yang baik, tidak hanya untuk satu - dua orang, tapi banyak orang. Pengetahuan yang dimiliki tak akan berkurang sedikitpun meskipun dibagikan kepada semua orang. Inilah pelaksanaan dan aplikasi korban suci yang utama, jnana yadnya, berbagi pengetahuan.
................................................................................

(Ganapatyananda)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar