Minggu, 22 Maret 2015

Cahaya Lilin

Bagaikan sebuah cahaya lilin yang mampu menerangi gelapnya malam, demikianpun pengetahuan yang akan menghapuskan ketidaktahuan dan kebodohan.

Sebuah nyala lilin mampu menyalakan ribuan lilin - lilin lainya tanpa mengurangi sedikitpun cahayanya sendiri. Begitupun seseorang yang memiliki pengetahuan akan mampu menularkan, mengajarkan dan membagikan pengetahuannya kepada orang lain tanpa mengurangi sedikitpun pengetahuan yang ia miliki. Seseorang yang memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan rohani atau spiritual bagaikan sebuah cahaya lilin yang akan mampu menerangi gelapnya kehidupan spiritual manusia. Dengan cahaya pengetahuan, gelapnya kebodohan sirna dan saat terang semua jadi tampak jelas.

Cahaya lilin memang tak seterang cahaya matahari, namun cahaya matahari tak akan kita temukan dalam gelapnya malam. Nyala lilin memang kecil namun ia mampu menyalakan lilin -lilin yang lainya. Seseorang mungkin tidak mempunyai pengetahuan yang sempurna, namun dengan berbagi pengetahuan yang ia miliki, ia telah membantu orang lain untuk terbebas dari ketidaktahuan.

Pengetahuan itu tak ada batasnya, tidak ada habisnya sehingga hidup adalah belajar dan belajar itu adalah hidup. Selama nafas dan kehidupan ini ada maka proses pembelajaran dan belajar akan terus berlangsung. Mereka yang merasa telah mengetahui banyak hal sejatinya adalah orang yang bodoh. Namun mereka yang senantiasa ingin belajar dan meningkatkan diri adalah orang yang cerdas. Orang yang bijak adalah mereka yang mampu menjadikan dirinya bagaikan sebuah cahaya lilin yang membantu orang lain melangkah dalam gelap. Jadilah bagaikan sebuah nyala lilin yang bersinar terang, yang menerangi gelap dan menyalakan lilin - lilin lainya. Milikilah pengetahuan dan bagikanlah kepada orang banyak, gunakanlah pengetahuan itu untuk membantu diri sendiri dan orang lain.
......................................................

(Ganapatyananda)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar