Minggu, 31 Mei 2015

Datanglah Kerumah-Nya Dan Jadilah Tamu-Nya



Sastra suci mengatakan “Atithi Devo Bhava”, yang bermakna hormatilah tamu yang datang bagaikan seorang dewa. Ini adalah sebuah etika sopan santun dalam budaya dan tradisi masyarakat Hindu, dalam menyambut, menerima dan menghormati tamu yang datang berkunjung kerumahnya. Oleh sebab itulah  sebagai seorang tuan rumah yang baik, seorang Hindu akan melayani dengan keramah tamahan dan kesopan santunan, siapapun yang bertamu ke rumah mereka. Bagi mereka menyambut dan melayani tamu dengan keramah tamahan dan kesopan - santunan, serta berusaha memenuhi segala permintaan mereka adalah sebuah bentuk pelayanan dan persembahan kepada Tuhan.

Sebagai orang Hindu, kita yakin bahwa Pura adalah “rumah Tuhan”, sebuah tempat dimana Beliau berstana atau bersemayam. Sehingga saat kita datang dan memasuki sebuah Pura, ketahuilah bahwa kita adalah tamu bagi Tuhan dan Beliau adalah tuan rumahnya.


Jika dalam sastra suci Tuhan mengatakan “Atithi Devo Bhava” atau hormati dan layani tamu yang datang kerumahmu bagaikan perwujudan Dewa, lalu apakah hal tersebut juga berlaku bagi Beliau?.

Apakah dengan segala permohonan dan permintaan yang kita sampaikan dalam doa di rumah-Nya, Tuhan akan memenuhinya?

Seperti halnya kita yang berusaha menyambut dan melayani dengan keramah - tamahan serta kesopanan, tamu yang datang dan berkunjung ke rumah kita, serta berusaha memenuhi segala permintaannya, maka demikianpun Tuhan. Beliau akan menyambut dan melayani kita yang datang kerumah-Nya serta akan memenuhi segala permintaan dan permohonan kita dan hal itu tidak perlu disangsikan lagi.

Ketika seseorang datang ke rumah Tuhan dengan penuh keyakinan, kerinduan dan cinta bakti terhadap Tuhan, Tuhan akan menyambut, melayani dan memenuhi segala permintaan mereka, seperti halnya seorang tuan rumah kepada tamunya. Oleh karena itu, sejatinya tidak ada yang sia - sia, ketika seseorang datang ke sebuah Pura, duduk mencakupkan tangan dan bersembahyang. Meskipun dengan begitu banyak permintaan dan permohonan, Tuhan pasti memenuhi semua itu. Semua yang datang kerumah-Nya pasti memperoleh hadiah, tidak akan ada yang pulang dengan tangan kosong. Namun seringkali kita tidak menyadarinya. Kita tidak menyadari bahwa begitu banyak berkat dan rahmat yang telah diberikan kepada kita saat kita melangkah keluar dari rumah-Nya. Kita tidak sadar bahwa saat kita kembali pulang dari Pura, kita sejatinya telah menerima begitu banyak hadiah.  Dan hadiah - hadiah tersebut adalah hadiah - hadiah yang terbaik bagi kita, baik saat ini maupun untuk masa depan kita. Hadiah - hadiah adalah hadiah - hadiah yang terbaik dari tuan rumah yang terbaik.

Hadiah - hadiah tersebut memang tidak dapat dilihat, bukan berbagai bentuk materi, bukan sesuatu yang gaib atau mistik, tapi berbagai hadiah tersebut dapat dirasakan dan disadari dengan kejernihan hati dan pikiran. Dan ketika seseorang menyadari betapa banyak hadiah yang telah Tuhan berikan kepadanya, maka ia akan hidup dalam penuh rasa syukur dan senantiasa meyakini bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan ini adalah hal yang terbaik yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Mereka yang senantiasa bersyukur dalam hidupnya adalah mereka yang senantiasa seimbang dalam suka dan duka sehingga mereka senantiasa hidup dalam kebahagiaan rohani.  Inilah hadiah terbaik dari Tuan Rumah Yang Terbaik.

Tuhan adalah Tuan Rumah Yang Terbaik.
(Ganapatyananda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar