Senin, 11 Mei 2015

Dharma-Artha-Kama-Moksha, Hinduism Way Of Life.



Di dalam ajaran Hindu ada yang disebut dengan Catur Purusha Artha, yang sering dimaknai sebagai empat tujuan hidup manusia. Empat tujuan hidup yang dimaksud adalah: 
  1.  Dharma yaitu kebenaran dan kebajikan
  2.  Artha yaitu kekayaan 
  3.  Kama yaitu keinginan  
  4. Moksha yaitu kelepasan dari ikatan kehidupan duniawi dan samsara
Dharma adalah kebenaran dan kebajikan, yang menjadi pondasi dan landasan hidup manusia. Oleh karena itu Dharma ditempatkan pada urutan yang pertama. Karena semua tujuan dalam hidup itu haruslah berdasarkan pada kebenaran dan kebajikan.


Artha adalah kekayaan atau harta, tapi harta yang dimaksud disini bukan saja yang berupa materi atau uang. Kesehatan adalah kekayaan, pengetahuan adalah kekayaan, sahabat adalah kekayaan dan lain sebagainya. Artha adalah apapun yang kita miliki sekarang, dan mereka yang senantiasa bersyukur atas apa yang mereka miliki adalah orang yang kaya dalam arti yang sebenarnya.

Kama adalah keinginan, tapi bukan keinginan yang dilandasi nafsu, ketamakan dan amarah. Kama disini adalah keinginan yang berdasarkan dan dilandasi pada kebajikan dan kebenaran. Kama yang dimaksud disini adalah keinginan yang suci yaitu keinginan untuk mencapai tujuan utama kehidupan sebagai manusia. 

Moksha berarti bebas atau lepas, Moksha adalah tujuan akhir dari kehidupan manusia yaitu kebebasan atau kelepasan dari kehidupan duniawi, kebebasan dari samsara atau kelahiran yang berulang - ulang. Moksha adalah penyatuan kembali Atman dan Paramatman.

Keempat hal ini bukanlah hal yang terpisah antara satu dengan yang lainnya ataupun sebuah urutan dari no 1, 2 dan seterusnya. Keempat hal ini adalah sebuah satu kesatuan dalam sebuah prinsip dan konsep dalam melakoni hidup manusia Hindu. Catur Purusha Artha sejatinya bukanlah sekadar tujuan hidup, tapi adalah way of life, pola hidup dan sebuah jalan raya kuno untuk mencapai tujuan yang utama dalam kehidupan manusia Hindu.

Catur Purusha Artha mengajarkan kita untuk menjadikan kebenaran dan kebajikan(Dharma) sebagai landasan hidup. Selalu bersyukur atas apa yg dimiliki(Artha). Berkeinginan(Kama) untuk mencapai kebebasan dan kelepasan dari kehidupan duniawi(Moksha), inilah cara dan tujuan hidup manusia Hindu. Inilah pemahaman dan penerapan dari ajaran Catur Purusha Artha dalam kehidupan manusia Hindu.

(Ganapatyananda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar